Fenomena magis paling heboh tahun ini, AMD X2 mampu di-unlock menjadi X4

Semenjak pabrik AMD dibeli oleh bangsa arab, AMD banyak menghadirkan aksi sulap-menyulap bernuansa magis yang sangat fenomenal pada berbagai tipe prosesornya.




Beberapa bulan lalu prosesor triple-core AMD Phenom II X3 710 dan 720BE terbukti mampu disulap menjadi quad-core X4. Metode unlocking tersebut pertama kali ditemukan oleh enthusiast asal Korea yang memanfaatkan fitur ACC (Advanced Clock Calibration) pada motherboard berchipset AMD 790GX.
Tak lama kemudian muncul lagi kabar mengenai AMD Phenom II X4 810 yang mampu disulap L3 cachenya dari 4MB menjadi 6MB.
Dan sekarang atraksi sulap yang paling menghebohkan adalah prosesor dual-core AMD X2 7750 Black Edition (Kuma) yang mampu disulap menjadi prosesor quad-core X4. Lagi-lagi yang pertama kali menemukan caranya adalah orang Korea.
Unlocking X2 ke X4 tersebut dimungkinkan karena Kuma sebenarnya merupakan Phenom X4 (65nm) yang dimatikan kedua core-nya. Dan dengan metode yang sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mengaktifkan ACC, maka core yang non-aktif tersebut mampu dibangkitkan kembali dari kubur.
Setelah Kuma disulap menjadi quad-core, maka nama prosesor tersebut terdeteksi sebagai AMD Phenom(tm) FX-7750 dan ke-4 corenya langsung ter-detek dan berfungsi.
Sama seperti unlocking X3 ke X4, atraksi sulap X2 menjadi X4 ini hanya dapat dilakukan pada motherboard berchipset AMD790GX dengan merk tertentu saja.
Biostar dan Asrock adalah merk motherboard AMD790GX yang populer digunakan untuk melakukan atraksi magis semacam ini

0 komentar:

Posting Komentar